Agro Mina Wisata Karangasri

Admin
0

Wisata Kita - Agro Mina Wisata Karangasri adalah sebuah desa wisata yang menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas yang bisa membuat liburan Anda lebih berkesan dan bermanfaat.

Anda bisa menikmati suasana alam pedesaan yang sejuk dan hijau, bermain outbond, belajar pertanian, perkebunan, peternakan, dan budaya lokal.

Anda juga bisa menginap di home stay yang nyaman dan bersih, serta menikmati kuliner khas desa yang lezat dan sehat. Agro Mina Wisata Karangasri adalah tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun keluarga.

{getToc} $title={Table of Contents}

Agro Mina Wisata Karangasri

Sejarah dan Konsep Agro Mina Wisata Karangasri

baik, Agro Mina Wisata Karangasri adalah sebuah desa wisata yang berlokasi di Dusun Karangasri RT 06 RW 02, Desa Tegalrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Desa wisata ini melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pengelolaannya. Ide pembangunannya dimulai sejak tahun 2008, namun baru efektif beroperasi pada tahun 2009. Pendanaannya murni berasal dari swadaya masyarakat setempat, sehingga pembangunan desa wisata ini dilakukan secara bertahap.

Desa wisata ini memiliki potensi besar karena masyarakat menguasai bidang pertanian dan fasilitas alam di lingkungan tempat tinggal mereka. Beberapa potensi utamanya adalah budidaya salak pondoh, tanaman pangan, dan perikanan. Selain itu, terdapat sungai dan embung (danau kecil) yang menjadikan desa wisata ini semakin menarik.

Berdasarkan potensi tersebut, desa wisata ini membuat ide pariwisata dengan konsep “Agro Mina”. Fokus utama wisatanya adalah wisata pertanian dan perikanan, sesuai dengan suasana pedesaannya yang sangat kental. Nama Agro Mina sendiri merupakan singkatan dari Agro Wisata dan Mina Wisata12.

Wahana Agro Mina Wisata Karangasri

Desa wisata ini menawarkan berbagai aktivitas wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Outbond

Anda bisa bermain flying fox, paint ball, atv, sepeda gunung, dan berbagai permainan seru lainnya di area outbond yang luas dan aman. Anda juga bisa mengikuti susur sungai, naik perahu, dan berenang di sungai atau kolam renang yang bersih dan segar.

Memancing

Anda bisa memancing ikan nila, lele, mas, dan gurame di kolam ikan yang besar dan penuh dengan ikan. Anda juga bisa menikmati hasil pancingan Anda dengan cara memasaknya sendiri atau memesannya di resto yang ada di desa wisata ini.

Belajar pertanian

Anda bisa belajar cara membajak sawah, menanam padi, memanen padi, dan mengolah padi menjadi beras. Anda juga bisa belajar cara menanam sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat. Anda bisa memetik dan mencicipi hasil panen Anda sendiri.

Belajar perkebunan

Anda bisa belajar cara budidaya salak pondoh, salah satu buah khas Sleman yang manis dan segar. Anda bisa memetik buah salak dari pohonnya dan menikmatinya langsung. Anda juga bisa belajar cara membuat keripik salak, salah satu oleh-oleh khas dari desa wisata ini.

Belajar peternakan

Anda bisa belajar cara beternak sapi, kerbau, kambing, ayam, dan bebek. Anda bisa memberi makan, memandikan, dan mengambil susu dari hewan ternak. Anda juga bisa belajar cara membuat telur asin, susu fermentasi, dan produk olahan lainnya dari hasil ternak.

Belajar budaya

Anda bisa belajar cara bermain karawitan, gamelan, dan tari tradisional. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan kesenian dan budaya yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Anda juga bisa mengenal adat istiadat, kearifan lokal, dan sejarah desa wisata ini.

Harga Tiket dan Paket Agro Mina Wisata Karangasri

Untuk bisa menikmati semua fasilitas dan aktivitas yang ada di desa wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket ini sudah termasuk asuransi dan welcome drink.

Anda juga bisa memilih paket-paket wisata yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda. Paket-paket wisata ini mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 250.000 per orang, tergantung dari fasilitas dan aktivitas yang Anda pilih :

  1. Desa wisata ini menawarkan berbagai paket wisata minat khusus, seperti paket pertanian (membajak sawah, memanen padi/sayuran), dan paket perkebunan (belajar cara budidaya salak dan memetik buah salak).
  2. Ada juga paket peternakan (belajar cara beternak sapi/kerbau/kambing, memberi makan hewan ternak, dan memandikan hewan ternak), serta paket budaya (belajar karawitan dan gamelan).
  3. Sedangkan Bagi pecinta kuliner, Agro Mina Wisata Karangasri juga menyediakan hidangan olahan ikan dan menu tradisional seperti sego megono, gudangan, dan trancam. Selain itu, wisatawan bisa menikmati camilan khas pedesaan seperti pisang goreng tepung dan jagung bakar di Bale Rafting.

Alamat Agro Mina Wisata Karangasri

Lokasi tempat Agro Mina Wisata Karangasri berada di Dusun Karangasri RT 06 RW 02, Desa Tegalrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Banyak pengunjung yang datang setiap akhir pekan di desa Karangasri. Dari erbagai kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa, perusahaan, masyarakat umum, dan instansi pemerintah.

Demikianlah artikel tentang Agro Mina Wisata Karangasri, destinasi liburan seru dan edukatif di Sleman, Jogjakarta.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi desa wisata ini segera rencanakan perjalanan Anda dan siapkan segala keperluan Anda dan Agro Mina Wisata Karangasri akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan dan berharga.

Anda tidak hanya bisa bersenang-senang tetapi juga bisa belajar banyak hal dari masyarakat desa yang ramah dan bijaksana. Selamat berlibur dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)