10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Admin
0

Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Kota ini memiliki banyak pesona yang menarik, mulai dari budaya, sejarah, alam, hingga kuliner. Tidak heran, banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk menikmati berbagai keindahan dan keunikan yang ditawarkan. Apa saja tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi? Berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi saat liburan.


Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi


1. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi dari Sultan Yogyakarta dan pusat kebudayaan Jawa. Di sini, Anda bisa melihat berbagai koleksi sejarah, seni, dan budaya yang berhubungan dengan kerajaan Yogyakarta. Anda juga bisa menyaksikan berbagai upacara adat, pertunjukan kesenian, dan festival budaya yang diselenggarakan di keraton.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat berlokasi di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi keraton setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.


2. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta adalah sebuah kompleks taman air yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada abad ke-18. Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu situs warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO.

Taman Sari Yogyakarta

Di sini, Anda bisa melihat berbagai bangunan bersejarah, seperti istana air, kolam renang, terowongan bawah tanah, dan benteng pertahanan. Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur dan lanskap yang khas Jawa.

Taman Sari Yogyakarta berlokasi di Jalan Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi taman sari setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.


3. Malioboro

Malioboro adalah salah satu kawasan wisata yang paling ramai dan populer di Yogyakarta. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan yang dipenuhi dengan toko-toko, kios-kios, dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai barang, mulai dari batik, pernak-pernik, hingga kuliner khas Yogyakarta.

Malioboro

Anda juga bisa naik becak atau andong untuk menikmati suasana Malioboro yang khas. Malioboro berlokasi di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi Malioboro kapan saja, namun lebih ramai pada malam hari.


4. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar dan terindah di Indonesia. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 dan didedikasikan untuk Trimurti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.

Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang megah dan artistik, dengan relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan juga sering menjadi tempat pertunjukan seni dan budaya, seperti Sendratari Ramayana dan Festival Prambanan Jazz.

Candi Prambanan berlokasi di Jalan Raya Solo - Yogyakarta, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Anda bisa mengunjungi candi Prambanan setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang.


5. Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah salah satu tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan yang spektakuler dan unik. Tebing Breksi merupakan bekas tambang batu kapur yang kemudian diubah menjadi kawasan wisata dengan berbagai ornamen dan spot foto yang menarik, Anda bisa melihat panorama kota Yogyakarta, Gunung Merapi, dan Candi Prambanan dari atas tebing.

Tebing Breksi

Anda juga bisa menikmati suasana malam yang romantis dengan lampu-lampu yang berkelap-kelip. Tebing Breksi berlokasi di Dusun Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Anda bisa mengunjungi tebing Breksi setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.


6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal dan terbesar di Yogyakarta. Pantai Parangtritis memiliki pasir hitam yang luas, ombak yang besar, dan angin yang kencang.

Pantai Parangtritis juga memiliki legenda yang berkaitan dengan Ratu Kidul, yaitu penguasa laut selatan yang dipercaya sebagai pelindung kerajaan Yogyakarta.

Pantai Parangtritis

Di sini, Anda bisa bermain air, berjemur, atau naik kuda di pinggir pantai. Anda juga bisa melihat bukit-bukit pasir yang eksotis dan mencoba olahraga paralayang di Bukit Parangndog.

Pantai Parangtritis berlokasi di Jalan Parangtritis Km. 28, Kretek, Bantul. Anda bisa mengunjungi pantai Parangtritis setiap hari dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.


7. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata alam yang cocok untuk Anda yang ingin menikmati udara segar dan pemandangan yang indah. Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah kawasan perkebunan buah-buahan yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Kebun Buah Mangunan

Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis buah-buahan, seperti durian, mangga, rambutan, salak, dan lain-lain. Anda juga bisa memetik dan mencicipi buah-buahan segar langsung dari pohonnya. Selain itu Anda juga bisa menikmati panorama lembah, sungai, dan pegunungan yang mempesona dari gardu pandang yang ada di kebun buah.

Kebun Buah Mangunan berlokasi di Dusun Mangunan, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Anda bisa mengunjungi kebun buah Mangunan setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.


8. Kalibiru

Kalibiru adalah tempat wisata alam yang menawarkan sensasi petualangan dan tantangan. Kalibiru merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata seperti flying fox, jembatan gantung, dan spot foto yang menantang.

Kalibiru

Anda bisa merasakan sensasi berfoto di atas pohon pinus yang menjulang tinggi dengan latar belakang Waduk Sermo dan Gunung Menoreh, Anda juga bisa menikmati suasana alam yang sejuk dan asri di Kalibiru.

Kalibiru berlokasi di Jalan Waduk Sermo, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Anda bisa mengunjungi Kalibiru setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.


9. Goa Pindul

Goa Pindul adalah tempat wisata alam yang menawarkan aktivitas yang seru dan menyenangkan, yaitu cave tubing. Cave tubing adalah kegiatan menyusuri sungai bawah tanah dengan menggunakan ban pelampung atau ban dalam.

Goa Pindul

Anda bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa, serta melihat berbagai makhluk hidup yang ada di sunga, Anda juga bisa merasakan sensasi berada di kegelapan dan kesunyian yang mendalam di dalam goa.

Goa Pindul berlokasi di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Anda bisa mengunjungi goa Pindul setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang.


10. Borobudur

Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi yang terakhir adalah Borobudur, Borobudur adalah candi Buddha terbesar dan teragung di dunia. Borobudur dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu keajaiban dunia yang diakui oleh UNESCO.

Borobudur

Borobudur memiliki arsitektur yang luar biasa, dengan 2.672 panel relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan 504 arca Buddha yang tersebar di sembilan tingkat candi.

Borobudur juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Anda bisa melihat panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan sawah-sawah hijau dari atas candi.

Borobudur berlokasi di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang. Anda bisa mengunjungi Borobudur setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang.

Nah, Itulah 10 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi. Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat liburan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)