Apa yang Dimaksud dengan Wisata Bahari?

Admin
0

Wisata Kita - Indonesia dianugerahi garis pantai terpanjang ke-2 di dunia dengan panjang mencapai 99.093 km. Tak heran jika negara kepulauan ini kaya akan potensi kelautan dan pariwisata bahari yang mempesona. Namun, tahukah Anda sebenarnya apa yang dimaksud dengan wisata bahari itu? Dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian wisata bahari beserta jenis dan manfaatnya.

{getToc} $title={Table of Contents}

Apa yang Dimaksud dengan Wisata Bahari?

Pengertian Wisata Bahari

Pariwisata bahari atau wisata bahari adalah kegiatan wisata dan rekreasi yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi laut, pantai, dan pesisir. Wisata bahari sangat erat kaitannya dengan aktivitas di laut seperti menyelam, berlayar, memancing, berenang, dan lain sebagainya. Bahkan, wisata bahari juga mencakup kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di pesisir. Tinggal pilih, aktivitas wisata bahari apa yang ingin Anda nikmati?

Jenis-jenis Wisata Bahari

Wisata bahari menawarkan beragam pilihan aktivitas menarik yang dapat dinikmati wisatawan. Berikut beberapa jenis wisata bahari populer:

1. Wisata Tirta

Wisata tirta merupakan kegiatan wisata air yang memanfaatkan danau, sungai, laut, air terjun, mata air dan sumber air lainnya. Contoh wisata tirta antara lain snorkeling, diving, berenang, memancing, berperahu, menyusuri sungai, dan lainnya.

2. Wisata Pantai

Wisata pantai merupakan jenis wisata bahari yang paling populer. Banyak orang berkunjung ke pantai untuk bersantai, berjemur, bermain pasir dan air laut, hingga melakukan olahraga air seperti berselancar.

3. Wisata Kapal Pesiar

Kapal pesiar menawarkan fasilitas mewah bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan laut sambil mengunjungi berbagai destinasi menarik. Cruise atau kapal pesiar biasanya dilengkapi restoran, kolam renang, bar, lounge, dan fasilitas hiburan lengkap lainnya.

Manfaat Wisata Bahari

Pengembangan wisata bahari juga memberikan beberapa manfaat positif bagi masyarakat dan pemerintah, antara lain:

1. Meningkatkan Perekonomian Daerah

Pengembangan pariwisata bahari dapat meningkatkan perekonomian daerah melalui pendapatan dari sektor jasa akomodasi, tour & travel, rumah makan, cinderamata, dan transportasi.

2. Melestarikan Lingkungan Laut

Wisata bahari mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan laut agar tetap indah dan menarik wisatawan.

3. Membuka Lapangan Pekerjaan

Kegiatan wisata bahari membutuhkan banyak tenaga kerja terampil seperti pemandu wisata, penyelam profesional, nahkoda kapal, dan lainnya. Hal ini membuka peluang lapangan kerja baru.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa yang dimaksud dengan wisata bahari beserta contoh dan manfaatnya. Wisata bahari merupakan potensi besar Indonesia yang patut dikembangkan.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)