Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu yang Indah

Admin
0

Bandung adalah salah satu kota tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Kota ini memiliki banyak daya tarik, mulai dari kuliner, belanja, hingga alam. Salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini menawarkan pemandangan kawah yang indah dan legenda yang menarik. Apa saja yang bisa Anda lakukan di Gunung Tangkuban Perahu? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.

{getToc} $title={Table of Contents}

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu yang Inda

Kawah-Kawah di Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu daya tarik utama dari Gunung Tangkuban Perahu adalah kawah-kawahnya yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Di Gunung Tangkuban Perahu, terdapat tiga kawah utama yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Berikut adalah penjelasan singkat tentang ketiga kawah tersebut.

1. Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah kawah terbesar dan terindah di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah ini memiliki diameter sekitar 1,2 kilometer dan kedalaman sekitar 200 meter. Kawah ini memiliki warna hijau kebiruan yang kontras dengan warna tanah dan batu di sekitarnya. Kawah ini juga mengeluarkan asap belerang yang menyengat, namun tidak mengurangi pesona kawah ini.

Kawah Ratu bisa dijangkau dengan mudah oleh wisatawan, karena terletak di dekat tempat parkir kendaraan. Wisatawan bisa berjalan kaki sekitar 10 menit dari tempat parkir untuk sampai ke bibir kawah. Di sana, wisatawan bisa menikmati pemandangan kawah dari berbagai sudut dan berfoto-foto dengan latar belakang kawah. Wisatawan juga bisa menyewa kuda untuk mengelilingi kawah dengan harga sekitar Rp 50.000 per orang³.

2. Kawah Upas

Kawah Upas adalah kawah kedua yang terletak di sebelah barat Kawah Ratu. Kawah ini memiliki diameter sekitar 400 meter dan kedalaman sekitar 25 meter. Kawah ini memiliki warna cokelat kekuningan yang disebabkan oleh mineral yang terkandung di dalamnya. Kawah ini juga mengeluarkan asap belerang, namun tidak sebanyak Kawah Ratu.

Kawah Upas bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari Kawah Ratu. Wisatawan harus melewati jalan setapak yang menanjak dan berbatu, sehingga harus berhati-hati. Di sana, wisatawan bisa melihat kawah dari dekat dan merasakan sensasi berada di tengah-tengah kawah. Wisatawan juga bisa melihat berbagai tanaman yang tumbuh di sekitar kawah, seperti edelweis, pakis, dan anggrek.

3. Kawah Domas

Kawah Domas adalah kawah ketiga yang terletak di sebelah timur Kawah Ratu. Kawah ini memiliki diameter sekitar 250 meter dan kedalaman sekitar 10 meter. Kawah ini memiliki warna putih keabu-abuan yang disebabkan oleh belerang yang mengkristal. Kawah ini juga memiliki banyak lubang-lubang kecil yang mengeluarkan uap panas dan air mendidih.

Kawah Domas bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 45 menit dari Kawah Ratu. Wisatawan harus melewati jalan setapak yang menurun dan berlumpur, sehingga harus berhati-hati. Di sana, wisatawan bisa melihat fenomena alam yang menakjubkan dan unik. Wisatawan juga bisa mencoba berendam di air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Wisatawan juga bisa membeli telur rebus yang dimasak di air panas kawah dengan harga sekitar Rp 5.000 per butir.

Fasilitas dan Aktivitas di Gunung Tangkuban Perahu

Selain menikmati keindahan kawah-kawah, wisatawan juga bisa menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas yang ada di Gunung Tangkuban Perahu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gardu Pandang

Di Gunung Tangkuban Perahu, terdapat beberapa gardu pandang yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Gardu pandang ini terbuat dari kayu dan besi yang kokoh dan aman. Dari gardu pandang ini, wisatawan bisa melihat panorama kawah, gunung, dan hutan yang indah. Wisatawan juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan tersebut.

2. Museum Vulkanologi

Di Gunung Tangkuban Perahu, terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai informasi dan koleksi yang berhubungan dengan gunung berapi. Di museum ini, wisatawan bisa melihat berbagai jenis batuan, mineral, fosil, dan alat-alat vulkanologi. Wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah, proses, dan dampak letusan gunung berapi. Museum ini terletak di dekat tempat parkir kendaraan dan bisa dikunjungi secara gratis.

3. Pasar Wisata

Di Gunung Tangkuban Perahu, terdapat sebuah pasar wisata yang menjual berbagai barang dan jasa yang berkaitan dengan gunung berapi. Di pasar ini, wisatawan bisa membeli berbagai souvenir, seperti batu-batu berwarna, kerajinan tangan, kaos, topi, dan lain-lain. Wisatawan juga bisa membeli berbagai kuliner, seperti jagung bakar, pisang goreng, bandrek, dan lain-lain. Wisatawan juga bisa menyewa jasa pemandu, kuda, atau ontang-anting di pasar ini.

4. Hiking dan Camping

Bagi Anda yang suka tantangan dan petualangan, Anda bisa mencoba hiking dan camping di Gunung Tangkuban Perahu. Anda bisa menempuh jalur pendakian yang berawal dari Desa Cikahuripan, Lembang.

Jalur ini memiliki panjang sekitar 12 kilometer dan melewati berbagai medan, seperti hutan, padang rumput, dan kawah. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menawan dan berbeda di setiap titik.

Anda juga bisa berkemah di beberapa lokasi yang sudah disediakan, seperti di Kawah Ratu, Kawah Upas, atau Kawah Domas. Anda bisa merasakan sensasi bermalam di tengah-tengah gunung berapi dengan suhu udara yang dingin. Anda harus membawa perlengkapan hiking dan camping yang lengkap dan mematuhi aturan yang berlaku di gunung ini.

Harga Tiket dan Alamat Gunung Tangkuban Perahu

Untuk bisa menikmati semua fasilitas dan aktivitas yang ada di Gunung Tangkuban Perahu, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 200.000 per orang untuk wisatawan asing.

Tiket ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan asuransi. Anda juga harus membayar biaya tambahan untuk beberapa fasilitas dan aktivitas tertentu, seperti gardu pandang, museum, pasar wisata, dan hiking. Anda bisa membeli tiket masuk di loket yang ada di pintu masuk gunung.

Alamat Gunung Tangkuban Perahu adalah di Jalan Raya Tangkuban Perahu No. 282, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anda bisa menghubungi nomor telepon (022) 2787766 untuk informasi lebih lanjut atau reservasi tempat.

Demikianlah artikel tentang Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu, tempat wisata alam yang menawarkan keindahan kawah. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi gunung ini, segera rencanakan perjalanan Anda dan siapkan segala keperluan Anda.

Gunung Tangkuban Perahu akan memberikan Anda pengalaman yang tak terlupakan dan berharga. Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah, tetapi juga bisa belajar tentang sejarah, budaya, dan geologi gunung berapi. Selamat berwisata dan semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)